Saturday, December 13, 2008

Tutorial Instalasi Linux SLAX 6.0.3 USB

Slax merupakan salah satu jenis distribusi (distro) Linux yang berbasis Slackware dan juga merupakan salah satu distro dengan kemampuan bootable (dapat dijalankan langsung dari CD atau USB tanpa proses instalasi) dan dapat didowload di “www.slax.org”. Di sini Slax dibagi menjadi beberapa jenis distro, antara lain:
1. SLAX Standard Edition, adalah sistim operasi Slax dengan ketersediaan aplikasi yang luas dan dilengkapi dengan sistem Xwindow dan lingkungan desktop KDE.
2. SLAX KillBill Edition, adalah sistim operasi Slax yang mampu menjalankan beragam aplikasi Windows di Linux. Linux ini dilengkapi dengan desktop KDE, Wine, Dosbox dan Qemu.
3. SLAX Server Edition, adalah sistem operasi yang banyak menyediakan layanan Internet atau jaringan seperti: DNS, DHCP, HTTP, FTP, MySQL, SMTP, POP3, IMAP , dan SSH.
4. Minimalistic SLAX. Versi Slax yang hanya menggunakan memori sistem sebesar 128MB untuk bisa bekerja dengan ukuran file keseluruhan yang cukup mini (sekitar 50MB).
5. SLAX Popcorn Edition, adalah sistem operasi Slax yang bisa disimpan dan dijalankan pada flash disk berukuran 128MB. Versi ini cuma berisikan aplikasi XFce Desktop, Mozilla Firefox, beep-XMMS, Gaim, dan AbiWord.
6. SLAX Frodo edition, adalah sistem operasi Slax yang hanya menyediakan perintah baris (Console) tanpa ketersediaan dekstop grafis.
7. SLAX Boot CD, adalah sistem operasi Slax yang bisa dijalankan dari USB Flash jika tidak bisa booting secara langsung dari komputer. Dapat juga digunakan boot Slax untuk menjalankan ISO Slax yang berada di harddisk.

USB instalasi Linux memungkinkan anda untuk menginstal sebuah sistem operasi Linux portabel di USB flash drive atau tidak ada tombol yang lebih besar dari ibu jari Anda (thumbdrive). Portabel ini sistem operasi Linux dapat dijalankan dari komputer manapun yang dapat boot dari sebuah perangkat flash, memungkinkan Anda untuk membawa sistem operasi, desktop, aplikasi, file, email, pengaturan pribadi, favorit, permainan dan lebih dengan Anda.
Yang diperlukan:
• 256MB atau lebih besar USB flash drive
• HP-USB Format tool (Opsional)
• SLAX-6.0.3.tar SLAX-6.0.3.tar
• Tool 7-Zip atau alat lain ekstraksi arsip
• Windows Host USB untuk melakukan instalasi
Tutorial Instalasi SLAX USB :
1. Download HP-USB format tool dan format flash drive Anda menggunakan FAT Lemak atau pilihan
2. Download SLAX untuk USB. Tar file
3. Menggunakan 7-Zip extract file dari SLAX-6.0.3.tar ke akar Anda stick USB
4. Arahkan ke folder boot di "USB device" dan klik bootinst.bat
5. Ikuti petunjuk onscreen untuk membuat perangkat bootable
6. Setelah USB memasang skrip telah selesai, reboot komputer anda dan mengatur BIOS anda atau Boot Menu untuk boot dari perangkat USB
7. USB SLAX Linux compilation Pada reboot, Anda harus memiliki sucessful peluncuran USB anda kompilasi SLAX Linux
* Jika anda memerlukan tambahan membantu Anda membuat flash drive boot, periksa kami BIOS opsi boot bagian atau Bagian Peralatan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment