Saturday, December 13, 2008

Distribusi Linux

Distribusi Linux atau sering disingkat dengan Distro Linuxsebutan untuk sistem operasi komputer mirip UNIX (UNIX-Like) yang menggunakan kernel Linux.Ada banyak disto Linux yang telah muncul, beberapa bertahan dan besar bahkan sampai menghasilkan turunan, contohnya adalah Distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan anak, misalnya Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dsb. Turunan Distro Slackware seperti Vector Linux, SLAX dan miniSlack.Beberapa hal yang membedakan antara distro satu dengan lainnya, misalnya Instalasi, versi kernel, aplikasi yang disertakan dan program bantu. Versi baru distro biasanya memaketkan kernel yang lebih baru dan aplikasi-aplikasi yang lebih baru.

Berikut adalah beberapa distribusi Linux yang terkenal :
• Slackware
Merupakan dedengkot Linux atau distro lama yang sampai sekarang masih aktif dikembangkan. Fokus dari distro ini adalah memproduksi distro yang paling 'UNIX-Like', standar, sederhana dan stabil. Sistem pemaketan yang digunakan tergolong tua, .tgz, namun membuat penggunanya tidak terlalu pusing dengan dependencies (ketergantungan antar paket). Turunan dari distro ini adalah Vector Linux, SLAX, dan miniSlack, bahkan pada mulanya SuSE Linux-pun berbasis Slackware.

• Debian
Merupakan distro yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan. Distro ini dikembangkan oleh hacker seluruh dunia. Sistem pemaketannya menggunakan .deb yang sangat memudahkan penggunanya. Dari distro ini lahir banyak distro turunan yang terkenal, seperti Knoppix (distro yang dapat berjalan tanpa harus melakukan instalasi) dan Ubuntu.

• RedHat
RedHat merupakan distro yang sangat terkenal di dunia server, walaupun tidak mengabaikan sisi dekstop. Fokus dari distro ini memang pada sisi server. Sistem pemaketannya menggunakan RPM (RedHat Package Manager) yang digunakan banyak turunannya, seperti Linux Mandriva (dahulu Mandrake). Fedora Core merupakan penerus RedHat yang dikembangkan oleh komunitas pengguna RedHat. Sedangkat RedHat sendiri fokus pada RedHat Enterprise Linux yang bersifat komersil.

• SuSE
Distribusi yang satu ini sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) yang digunakan untuk mengkonfigurasi sistem.

• Mandrake
Merupakan turunan dari distro RedHat yang dioptimasi untuk Pentium. Mandrake relatif mudah dalam penggunaannya.Masih banyak distro Linux lainnya, namun yang disebutkan disini hanya distro-distro yang terkenal saja. Anda bisa mendapatkan distro-distro diatas dengan relatif mudah. Rata-rata pembuat distro
memperkenankan Anda untuk men-download ISO image melalui web, ftp atau bittorrent, misalnya pada situs luar negeri.

No comments:

Post a Comment